Jumat, 25 Maret 2011

Dampak Kemajuan Teknologi Bagi Dunia Psikologi

Saat ini, kemajuan teknologi sangatlah membantu bagi kehidupan kita. Kemajuan teknologi tersebut dapat membawa perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk pada dunia pendidikan, dunia kerja, dunia kesehatan bahkan juga dunia psikologi. Setiap perubahan pasti akan memperlihatkan berbagai kontroversi yang ada, dimana setiap orang pasti memiliki sudut pandang masing-masing terhadap perubahan yang terjadi tersebut. Oleh karena itu, tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa sebenarnya kemajuan teknologi itu memang memberikan manfaat besar dan memudahkan kita dalam segala hal. Namun di balik semua sisi positif tersebut, terdapat pula sisi-sisi negatifnya yang dirasakan oleh sebagian besar orang. Sisi negatif tersebut di akibatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan menyalahgunakan fungsi dari kemajuan teknologi tersebut.

Dampak positif kemajuan teknologi bagi psikologi sangat banyak sekali, contohnya kini sudah banyak sekali e-book tentang psikologi yang bisa kita download dengan mudah dan cepat tanpa harus membeli bukunya. Lalu dalam dunia psikologi industri dan organisasi : banyak hal dalam proses perekrutan karyawan sampai proses seleksi masuk kerja. Kemudian kita dapat bergabung dengan forum psikologi untuk sharing mengenai masalah dalam dunia psikologi. Di samping itu kita juga dapat mengetahui informasi-informasi terbaru sehingga kita tidak ketinggalan info mengenai apa yang sedang ramai dibicarakan saat ini yang tentunya menyangkut tentang psikologi. :)

Di samping semua dampak positif di atas, terdapat pula berbagai dampak negatifnya, seperti informasi-informasi yang kita peroleh belum tentu benar adanya, bisa saja itu tidak benar dan hanya akan menjerumuskan kita. Kemudian dalam psikologi sosial, yaitu kurangnya usaha dan interaksi manusia dalam kehidupan sehari-hari karena segala sesuatunya kini dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Lalu dalam dunia psikologi industri, bisa saja ada unsur penipuan dalam proses perekrutan dan seleksi karyawan, mungkin saja yang mengerjakan tes tersebut bukan orang yang ingin melamar kerja melainkan temannya, karena pihak perusahaan tidak dapat mengetahui jika hanya dilakukan di dunia maya. Selain itu, dalam psikologi anak, kemajuan teknologi juga dapat menjadi boomerang bagi si anak. Mereka jadi terbiasa hidup mudah, dan mungkin akan menjadi korban dari kemajuan teknologi ini, sebagai contoh anak kecil zaman sekarang sudah mengenal berbagai macam gadget, game-game online, yang mana di dalamnya pasti ada unsur-unsur kekerasan, kejahatan, bahkan cyber sex yang marak saat ini. Hati-hati bagi para orangtua agar lebih mengawasi perkembangan si anak dan awasi mereka dalam menggunakan teknologi canggih sekarang.

Dengan adanya dua dampak di atas, hendaknya kita bisa lebih memilah-milah terlebih dahulu mana yang baik dan benar dan mana yang tidak. Kita harus tahu dan mengenal berbagai macam kemajuan teknologi yang ada, namun tidak berarti kita terlena dan terbius karena hal tersebut sehingga kita menjadi lepas kontrol. Tetap waspada.. Stay Alert n Aware..! :)


By : Teny Mulia (10507239)
4PA06 - Psikologi, Universitas Gunadarma

11 komentar:

  1. Tulisan yang anda buat menarik sekali....sangat berguna bagi yang membuthkannya!!!!ditunggu tulisan berikutnya ya...^^...

    BalasHapus
  2. bagus ceh Tulisannya..
    klo bisa sih ada smacam kalimat2 yang membangun...
    pati lbih bagus lagi..

    BalasHapus
  3. Good writing and very helpful ..
    Sangat terperinci dlm mnjlaskan secara psikologi ..

    BalasHapus
  4. wah, kerjaanku jd selesai deh...
    thx yah buat yg ngeShare ni artikel... :D

    BalasHapus
  5. ehmmmmmmm,,,,,,,,bagus c isi blog nya,tapi lebih enak lagi kalau disertai contoh perilaku nya yang sehari - hari pasti kita pempaca jadi lebih tau lagi. hehehehehehe.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. nice post...
    Yg penting kita sebagai user harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin yar bs dapet dampak positifnya... ^^

    BalasHapus
  8. mu tanya dong, ada kiat2 khusus ga spya ga ktergantungan bgt sm net,, skrg kan net bs diakses dmna-mana... thnkss sist :)

    BalasHapus
  9. setuju banget...kita ga bias pungkiri manfaat teknologi sangat membantu usernya terutama bagi mahasiswa seperti saya. kita pun ga bisa menolak berkembangnya teknologi yang ada. seperti kata anda user lah yang harus aktif dan bijak dalam memanfaatkannya supaya mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan

    BalasHapus
  10. makasiii buat semua komen2nya bs jd masukkan untuk aq, biar bs menulis lebih baik lg kedepannya.. :)

    syukur2 klo tulisan qu ini bs membantu kalian yang mmbutuhkan info ini..

    tp maaf jg klo msh byk yg kurang, next time aq buat yg lbh complete lg okey :)

    BalasHapus
  11. bner banget nii,, thX for The info. .
    niCe^^,

    BalasHapus